Menu

Belajar Materi SBMPTN Melalui Fitur Ruangbelajar

0 Comment

SBMPTN merupakan ujian tertulis yang akan menyeleksi kamu agar bisa di terima di PerguruanTinggi Negeri dengan jurusan yang kamu pilih. Materi SBMPTN pun tidak terlalu jauh dengan yang terdahulu. SBMPTN terdiri dari dua tes yaitu Tes Kompetensi Akademik serta Tes Potensi Skolastik.  TKA berfungsi untuk mengukur kemampuan akademik. Sedangkan TPS berfungsi untuk mengukur bakat dan kemampuan apabila melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Berikut ada beberapa materi SBMPTN yang biasanya keluar dalam tes TKA:

  1. Matematika Dasar

Matematika dasar menjadi salah satu topik materi SBMPTN yang perlu di pelajari. Berdasarkan pengalaman materi SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, beberapa materi atau subtopik tersebut terdapat dalam 1 soal, misalnya persamaan kuadrat, pertidaksamaan, serta eksponen. Jadi,  kuasailah beberapa materi tersebut agar bisa menyelesaikan soal yang dimaksud.

  1. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Materi SBMPTN lainnya yang akan di ujikan adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk Bahasa Indonesia, biasanya kita harus mampu mengidentifikasi topik serta pesan yang disampaikan dalam sebuah paragraf. Jadi, walaupun kita membaca secara cepat, kita juga harus cepat dalam menyimpulkan topik dari teks tersebut. Beberapa soal mengenai EYD juga terkadang muncul dalam soal SBMPTN.

Sementara itu, materi SBMPTN dalam pelajaran Bahasa Inggris cenderung lebih mudah jika kita mempunyai perbendaharaan kosakata yang cukup banyak. Beberapa pertanyaan hanya menyebutkan alinea tertentu sehingga kita tidak perlu membaca keseluruhan teks. Untuk sukses dalam soal Bahasa Inggris, harus perbanyak jumlah kosakata, termasuk sinonim dan antonim dari kata-kata Bahasa Inggris.

  1. Sains dan Teknologi

Untuk kamu yang mengambil jurusan IPA, akan di hadapkan soal dengan materi SBMPTN yang meliputi Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Beberapa materi Matematika IPA yang paling sering keluar adalah persamaan kuadrat, trigonometri, fungsi kuadrat, linear, dan integral. Di sisi lain, materi SBMPTN dalam pelajaran Fisika yang paling banyak muncul adalah usaha dan energi, gerak lurus, listrik dinamis, electromagnet, dinamika partikel, dan bunyi.

Sementara itu, materi SBMPTN dalam pelajaran Kimia meliputi stoikiometri, struktur atom dan sistem periodik, kesetimbangan, termokimia, dan laju reaksi. Yang terakhir, materi SBMPTN dalam pelajaran Biologi mempunyai cakupan yang cukup luas. Materi yang sering muncul, terdapat struktur dan fungsi pada tumbuhan, ciri makhluk hidup beserta perannya, dan sistem organ manusia.

  1. Sosial Humaniora

Bagi kamu yang mengambil jurusan IPS, maka soal yang diujikan meliputi materi Sosial Humaniora yang terdiri dari Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Materi SBMPTN dalam pelajaran sejarah mulai dari orde baru dan reformasi, politik etis dan pergerakan nasional, serta kerajaan islam. Sementara itu, materi SBMPTN dalam pelajaran Sosiologi meliputi konflik dan integrase sosial, struktur sosial, serta perubahan sosial.

Terkait materi SBMPTN dalam pelajaran Ekonomi, materi yang paling banyak muncul membahas tentang permintaan dan penawaran, ilmu ekonomi, dan konsep pasar. Sedangkan Geografi meliputi beberapa materi seperti hidrosfer, litosfer, atmosfer, interaksi desa-kota, serta negara maju dan berkembang.

Agar metode belajar kamu lebih menyenangkan, bisa download aplikasi Ruangguru. Melalui fitur Ruangbelajar, minat belajar kamu semakin meningkat karena video pembelajaran berupa animasi. Tersedia juga latihan soal dan pembhasannya juga loh, asyik kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *